top of page
Agnes Gianni

Tips Memilih Penyedia Layanan Internet untuk Apartemen

Layanan internet kini termasuk dalam utilitas yang harus dimiliki dalam suatu rumah layaknya kebutuhan akan listrik dan air. Manusia modern menggunakan internet untuk memperoleh informasi, berkomunikasi, dan hiburan — bahkan untuk mencari nafkah sekalipun.


Jika Anda tinggal di apartemen, mencari provider internet yang dapat menjangkau area serta lantai Anda dapat menjadi pekerjaan yang rumit. Selain jumlah provider yang terbatas, masalah keamanan siber juga menjadi kekhawatiran banyak orang yang tinggal begitu berdekatan dengan tetangga mereka. Lantas, bagaimana caranya memilih provider internet yang tepat untuk apartemen? Simak beberapa tips kami di bawah ini. 


Perempuan muda tengah menggunakan laptop dan ponsel

tirachardz / Freepik


Tanyakan Kepada Manajemen Apartemen

Sebagai pengelola keseluruhan gedung apartemen, pihak manajemen umumnya memiliki beberapa opsi layanan internet, telefon, dan TV kabel yang sudah bekerjasama dengan mereka. Anda dapat berdiskusi dengan pihak manajemen apartemen untuk mengetahui provider mana saja yang beroperasi gedung serta lantai Anda. Memilih provider yang sudah bekerjasama dengan pihak manajemen apartemen dapat menghemat biaya instalasi serta pemasangan. Provider yang bekerjasama dengan pihak manajemen kemungkinan besar sudah membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk tiap kamar yang tersedia.

Kenali Jenis Layanan Internet yang Bisa Dipakai di Apartemen

Meski terletak jauh dari pijakan bumi, penghuni apartemen di lantai manapun masih dapat menikmati berbagai macam layanan internet layaknya tinggal di rumah biasa. Fiber optik, DSL, kabel, satelit, bahkan wireless 5G bisa menjadi opsi yang dapat Anda gunakan. Pastikan Anda mengetahui betul bagaimana Anda akan menggunakan internet selama di apartemen serta berapa banyak biaya yang rela Anda keluarkan. Dengan begitu, Anda dapat menemukan provider terbaik yang melayani area gedung apartemen Anda. 



Pertimbangkan Infrastruktur IT pada Apartemen

Jika Anda kurang cocok dengan provider internet yang disediakan oleh pihak manajemen apartemen, Anda bisa memilih provider Anda sendiri. Akan tetapi, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang infrastruktur IT yang tersedia di gedung Anda. Tujuannya untuk mempermudah proses pemasangan internet dan perangkat yang relevan. Anda bisa berkonsultasi dengan tim dari provider Anda untuk memberikan jenis layanan paling cocok dengan infrastruktur IT yang ada. 


Pilih Kecepatan Internet yang Paling Cocok untuk Anda

Kecepatan internet dalam apartemen akan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda bekerja secara remote dan membutuhkan koneksi internet cepat (misalnya, content creator atau streamer), maka Anda membutuhkan minimal 100 Mbps dalam apartemen Anda. Kecepatan ini cukup untuk melakukan streaming, bermain gim online, serta bekerja remote yang menggunakan aplikasi khusus. 


Jika Anda tidak memerlukan begitu banyak bit atau memiliki banyak gawai yang terhubung dengan internet secara serentak, maka 25 Mbps cukup untuk digunakan streaming media hiburan dari platform OTT kesayangan Anda serta bermain gim online bersama teman. 


Seorang laki-laki sedang menggunakan tabletnya di dalam ruangan

thanyakij-12 / Freepik

Baca juga Hospitality TV: Buat Tamu Hotel Makin Nyaman dengan Personalisasi

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih provider internet. Pastikan Anda mempersiapkan perangkat serta infrastruktur IT yang tepat untuk dapat menikmati layanan internet Anda secara optimal. Jika Anda tertarik untuk memasang internet secara mandiri, Netstar (www.netstar.id) tersedia di beberapa apartemen di Jakarta. Hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 


Comments


bottom of page