top of page
Writer's pictureNapan Persada

Kecepatan Internet Optimal untuk Content Creator

Kecepatan internet yang baik sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian kita. Tak hanya meningkatkan efisiensi kerja, memiliki internet yang cepat akan membantu kita menikmati segala bentuk media tanpa rasa frustrasi. Maka tak heran bila koneksi internet yang cepat menjadi idaman semua orang.


Internet yang cepat terutama akan sangat berguna bagi mereka yang bekerja sebagai content creator. Baik untuk melakukan riset konten, menyunting foto dan video, mengunggah file, maupun melakukan streaming, kecepatan internet memiliki pengaruh yang besar terhadap efisiensi kerja content creator.


Namun, seberapa cepatkah internet yang dibutuhkan oleh seorang content creator? Simak pembahasannya dibawah ini.


Seorang perempuan yang sedang melakukan streaming melalui ponselnya
Ivan Samkov / Pexels

Serba-Serbi Kecepatan Internet

Sebelum membahas angka kecepatan yang optimal, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kecepatan internet terlebih dahulu. Cepat atau lambatnya koneksi internet Anda diukur dari berapa banyak data yang dapat ditransfer dalam satu detik, yakni dengan satuan unit yang lebih akrab disebut megabit data per detik (Mbps). Transfer data dilakukan dengan cara mengunduh dan mengunggah data dari jaringan internet, sehingga setiap koneksi internet akan memiliki kecepatan unduh dan unggah.


Aktivitas seperti membaca artikel, mengeksplor media sosial, mendengarkan musik, dan menonton video membutuhkan kecepatan internet yang baik agar dapat kita nikmati tanpa harus menunggu. Inilah yang disebut dengan kecepatan unduh. Menurut Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat, 100 Mbps merupakan kecepatan unduh terbaik untuk hidup di era digital seperti sekarang.

Selain kecepatan unduh, kecepatan unggah juga dapat mempengaruhi kecepatan internet. Layaknya berbicara dengan orang lain, kita juga perlu mengirimkan informasi ke server lain di internet untuk membentuk koneksi yang stabil. Kecepatan unggah menjadi penting ketika seseorang hendak mengirimkan email, bermain game, maupun melakukan panggilan video. FCC menyatakan bahwa kecepatan unggah sebaiknya berada di angka 20 Mbps.


Kapasitas koneksi internet untuk mengirim dan menerima data dalam kurun waktu tertentu ini dikenal sebagai bandwidth. Semakin besar kapasitas bandwidth Anda, semakin cepat pula Anda mengirim dan menerima data. Bandwidth merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih paket internet. Umumnya, satuan Mbps yang dicantumkan pada keterangan paket internet merupakan kecepatan unduh dan kapasitas bandwidth secara yang ditawarkan oleh penyedia layanan.


Seorang laki-laki yang bekerja sebagai videographer sedang mengedit video musik
Samsung Memory / Unsplash

Optimalisasi Kecepatan Internet untuk Content Creator

Jika Anda seorang content creator, dunia digital menjadi ladang pekerjaan Anda. Agar dapat terhubung ke jaringan internet secara terus menerus, Anda memerlukan kecepatan optimal agar konten yang sudah Anda persiapkan dapat diunggah dengan kualitas terbaik dan pada waktu yang tepat pula.


Seberapa cepat koneksi internet yang Anda butuhkan akan berbeda tergantung jenis cipta konten yang Anda lakukan. Jika Anda adalah seseorang yang kerap mengunggah konten gambar, audio, maupun gambar ke dunia maya, maka kecepatan unduh yang optimum adalah antara 5 hingga 8 Mbps. Sementara itu, jika Anda adalah adalah seorang streamer baik di Twitch, YouTube, Tiktok, Instagram, maupun platform live lainnya, maka kecepatan unduh yang optimum adalah 10 Mbps atau lebih.


Itulah kecepatan optimum yang diperlukan oleh seorang content creator untuk menunjang kegiatan mereka. Semakin besar kapasitas bandwidth yang tersedia, semakin cepat pula para content creator ini dapat menyelesaikan pekerjaan mereka. Perlu diingat bahwa kapasitas internet yang kami sebutkan belum memperhitungkan pengguna lain dalam satu rumah atau studio, sehingga jumlah yang Anda perlukan dapat mencapai dua kali lipat dari yang kami paparkan di atas.


Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kecepatan internet optimal sesuai dengan kebutuhan Anda, kunjungi website Netstar (www.netstar.id) dan dapatkan harga terbaik.

6 views0 comments

Comments


bottom of page