top of page
Agnes Gianni

Internet Satelit: Proyeksi Keandalan VSAT di Era Digital

Tahukah Anda bahwa Anda masih bisa terhubung dengan dunia maya bahkan ketika di daerah terpencil sekalipun?


Teknologi yang satu ini tidak membutuhkan infrastruktur yang besar maupun mewah. Anda hanya memerlukan sebuah antena parabola kecil serta perangkat yang akan menghubungkan Anda dengan dunia maya. Layanan yang dikenal sebagai VSAT atau Very Small Aperture Terminal ini dapat menjadi solusi komunikasi siapa saja yang sedang tinggal atau bertugas di daerah terpencil dan jauh dari perkotaan.


Apa saja layanan VSAT yang dapat Anda nikmati? Apakah teknologi ini masih relevan di era serba digital ini?


Parabola di tengah dataran rendah yang diarahkan ke langit

msaboorkhan722 / Freepik


Karakteristik dan Cara Kerja VSAT

VSAT merupakan sistem komunikasi berbasis satelit yang menggunakan antena parabola berukuran 0,75 hingga 2,4 meter. Antena ini berfungsi sebagai alat penerima dan pengirim data dari satelit berkecepatan tinggi tanpa bergantung pada infrastruktur yang rumit dan mahal.


Selain membutuhkan atena parabola, teknologi ini juga memerlukan beberapa perangkat keras lainnya. Modem, misalnya, berfungsi sebagai perangkat pengubah data menjadi sinyal radio yang nantinya kita terima dalam bentuk data. Block Upconverter (BUC) dan Low Noise Block  Downconverter (LNB) merupakan dua komponen outdoor yang berfungsi sebagai konverter sinyal satelit ke frekuensi yang lebih rendah agar dapat diterima oleh perangkat kita.


Satelit yang dikenal sebagai geostationer menjadi komponen utama teknologi ini. Tipe satelit ini ditempatkan sejajar dengan perputaran bumi pada sumbunya sehingga akan selalu mengorbit pada titik yang sama. Piringan VSAT yang ada di bumi mengirimkan informasi ke stasiun hub yang mentransmisikan informasi tersebut menuju satelit.

Setelah menerima sinyal, satelit akan menguatkan data tersebut dan mengirimkannya kembali ke bumi, baik ke stasiun hub maupun modem. Modem inilah yang akan mengubah sinyal radio menjadi data yang dapat kita lihat pada layar handphone kita.


Close-up parabola yang menangkap sinyal satelit

Scott Evans / Unsplash


Internet Satelit di Era Digital

Akses internet merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan tak hanya produktivitas kerja, melainkan juga pendidikan, perekonomian, bahkan kesehatan. Karena mengandalkan keberadaan satelit yang mengorbit di sekitar bumi, VSAT dapat menyediakan koneksi internet yang stabil dan konsisten, bahkan ketika sedang berada di lokasi yang terpensil sekalipun. Perangkat VSAT juga terbilang mudah untuk dipasang dibandingkan dengan infrastruktur teknologi tradisional sehingga dapat menjadi solusi ideal untuk daerah yang memiliki infrastruktur terbatas.


Selain bermanfaat untuk pelancong dan pelaku industri perkebunan, pengeboran minyak, maritim, dan daerah terpencil, internet satelit juga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat lokal. Sektor pendidikan, misalnya, memanfaatkan teknologi internet satelit untuk mendapatkan materi pembelajaran yang beragam dan terkini. Masyarakat lokal juga dapat menggunakan konektivitas internet untuk memperluas kesempatan ekonominya, baik untuk bekerja secara remote maupun untuk menjual barang dan jasa mereka menggunakan platform online.

Mudah untuk dipasang, terjangkau, dan mudah untuk diakses — itulah tiga keuntungan yang dapat dirasakan dengan teknologi VSAT. Adopsi teknologi VSAT yang lebih meluas dan rata dapat berkontribusi untuk meningkatkan pendidikan dan perekonomian lebih banyak masyarakat Indonesia. Dengan VSAT, daerah-daerah terpencil dapat menikmati konektivitas internet, layanan telekomunikasi, dan saluran informasi yang lebih luas.


Sebagai penyedia layanan internet yang terpercaya, Netstar menyediakan layanan VSAT dengan koneksi yang stabil dan terpercaya. Rasakan layanan internet yang cepat dan stabil di daerah-daerah terpencil dengan menggunakan Netstar (www.netstar.id).

Comments


bottom of page