top of page
Michelle Natania

Internet Cepat dalam Kesehatan : Peran Koneksi Internet dalam Pelayanan Pasien di Rumah Sakit

Internet cepat memiliki berbagai manfaat yang membentang di aneka industri, tidak terkecuali di bidang kesehatan. Diketahui bahwa koneksi internet khususnya yang ditopang oleh jaringan fiber optik dapat sangat membantu dalam meningkatkan efektivitas proses pemulihan dan pemberian respons terhadap pasien yang membutuhkan bantuan kesehatan. Ketersediaan koneksi internet yang memadai di area kesehatan, khususnya di wilayah rumah sakit, mengakibatkan para tenaga medis baik dokter maupun suster dapat dengan mudah mendata dan mengakses catatan kesehatan para pasiennya secara berkesinambungan.



 

Tidak hanya sekedar kemudahan pengumpulan data kesehatan, internet cepat berbasis fiber optik di ranah kesehatan memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat dari ketersediaan internet cepat yang dapat diandalkan di wilayah rumah sakit :

 

  • Meningkatkan kecepatan komunikasi antar tenaga kesehatan dan pasien

Keberadaan dari fasilitas internet yang stabil di wilayah rumah sakit tidak hanya memudahkan koordinasi antar tenaga medis, tetapi juga memberikan akses yang lebih mudah bagi para pasien yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut untuk tetap terkoneksi dengan kerabat dan dunia. Ini akan menjadi sangat penting khususnya bagi para pasien yang tidak bisa sama sekali meninggalkan perawatannya di rumah sakit, seperti pasien yang perlu terus terkoneksi dengan alat kesehatan 24/7 serta yang sedang berada dalam fasilitas isolasi.

 

  • Layanan konsultasi dan pengobatan jarak jauh

Pasca pandemi Covid-19, layanan kesehatan dan pemberian obat jarak jauh semakin diminati masyarakat untuk meminimalisir kontak fisik. Dengan ini, para pasien yang membutuhkan konsultasi cepat dan keterbatasan waktu untuk secara langsung datang ke rumah sakit dapat tetap mendapatkan perhatian dari ahli kesehatan, cukup dengan menjelaskan keluhan yang dirasakannya melalui metode chat atau pun telepon. Tidak hanya itu, fasilitas ini juga memungkinkan penebusan obat menjadi lebih mudah, yakni cukup dengan mengirim resep dokter lewat aplikasi ke apotek terdekat, dan kemudian obat dapat langsung di antar menuju lokasi kita.

 

  • Sentralisasi data pasien serta efisiensi proses administrasi rumah sakit  

Dengan adanya sistem yang terintegrasi secara terpusat akibat koneksi internet, data-data kesehatan pasien dapat dengan mudah disimpan di cloud server rumah sakit untuk menghindari kesalahan diagnosis di kemudian hari dan menjadi rujukan untuk pemberian tindakan berikutnya yang lebih terinformasi. Proses administrasi di rumah sakit juga ikut dimudahkan dengan adanya internet, mengingat kecepatan internet memungkinkan pembuatan jadwal temu konsultasi antara pasien dan dokter dapat dilakukan secara jarak jauh, pengiriman tagihan layanan kesehatan dan resep obat secara daring lewat surel, sehingga mengurangi waktu yang perlu pasien sisihkan di rumah sakit untuk menjalani proses-proses tersebut.

 

  • Penggunaan peralatan medis elektronik serta pengawasan kesehatan pasien secara real-time

Beberapa peralatan elektronik medis seperti MRI, CT-scan, dan X-Ray baru dapat bekerja dan memberikan transmisi hasil saat dihubungkan dengan koneksi internet yang stabil dan cepat. Dengan hasil penggambaran medis yang akurat dan hadir dalam waktu singkat, tindakan tepat sesuai dengan kebutuhan pasien pun dapat segera diambil, meningkatkan kemungkinan pemulihan dan kesembuhan pasien. Beberapa alat monitor kesehatan pasien pun baru dapat bekerja dengan efektif ketika didukung oleh internet yang berfungsi dengan baik, sehingga kondisi terkini pasien terkait dapat secara real-time dipantau oleh penyedia layanan kesehatan.



 

Itulah beberapa manfaat yang diberikan oleh kehadiran koneksi internet cepat berbasis fiber optik bagi industri kesehatan. Berkat kehadiran dan dukungannya, layanan kesehatan mampu diberikan secara menyeluruh dan lebih efektif, sehingga layanan tersebut tidak lagi terbatas ruang dan waktu, tetapi menjadi lebih fleksibel dengan mampu menjangkau pasien di berbagai tempat dan waktu.

 

Jika anda mencari penyedia layanan internet cepat, stabil, dan mampu untuk diandalkan di berbagai industri, percayakan hanya pada Netstar (www.netstar.id).

Commentaires


bottom of page