top of page
Agnes Gianni

Begini Caranya Cek Koneksi Internet Anda

Ketika Anda tengah menyelesaikan tugas kantor atau mungkin sedang mengunduh file berukuran besar, memiliki koneksi yang lancar menjadi satu hal yang tidak bisa dikompromi. Kita seringkali tidak menyadari kondisi koneksi internet kita saat sedang menggunakannya. Akibatnya, kita tersulut emosi dan meluapkannya pada orang sekitar kita atau melakukan refresh terus menerus yang menyebabkan hilangnya data yang tengah dimuat. 


Yuk, simak beberapa cara mengecek koneksi internet Anda, baik dari segi kecepatan maupun stabilitas ping di bawah ini. 


Seorang laki-laki sedang melakukan teleconference dengan laptopnya

Freepik


Tiga Jargon Dalam Mengukur Koneksi Internet

Ada tiga istilah yang harus Anda pahami sebelum memahami apakah koneksi internet Anda termasuk cepat atau tidak. Pertama, Mbps atau megabit per detik. Satuan ini mengukur beberapa variabel yang membentuk kecepatan internet, seperti kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan latensi. 


Kedua, kecepatan unduh dan kecepatan unggah. Keduanya juga dikenal dengan istilah bandwidth, yakni kapasitas jaringan internet untuk mentransfer data dalam waktu tertentu. Metrik ini penting untuk mengukur seberapa banyak perangkat internet Anda dapat mengirimkan dan menerima data dalam waktu tertentu. Kecepatan unduh dan unggah akan terasa betul ketika Anda tengah membuka e-commerce, mengunggah dan mengunduh video, maupun menunggu sebuah laman web untuk terbuka sepenuhnya.


Terakhir, stabilitas ping. Ping merupakan cara paling praktis untuk memeriksa koneksi Anda dengan server yang terhubung. Semakin kecil angka ping, maka semakin stabil pula koneksi internet yang Anda gunakan. Ping sendiri ditunjukkan dalam ukuran milidetik (ms). 



Cara Mengukur Koneksi Internet

Ada banyak cara untuk memeriksa apakah koneksi internet Anda dalam keadaan baik atau tidak. Cara pertama adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD) yang terdapat pada sistem operasi komputer Anda. Cara ini tidak membutuhkan koneksi internet, Anda cukup menekan tombol Windows + R, mengetik kode cmd ke dalam kotak dialog, dan memilih OK. Kemudian, ketik kode “ping 8.8.8.8” pada jendela yang tersedia dan klik Enter. Jawaban yang tertera akan menunjukkan ping Anda ke server, status pengiriman data, serta waktu tercepat dan paling lambat untuk merespons data. 


Cara kedua adalah dengan menggunakan situs web untuk mengukur koneksi internet secara akurat. Laman seperti speedtest.net, Google speed test, atau speedtest CBN bisa menjadi tempat Anda untuk melakukan pemeriksaan koneksi internet. Anda cukup mencari laman tersebut di mesin pencarian, pilih website yang sesuai, lalu mengklik tombol yang akan menganalisa kecepatan internet Anda. Umumnya, pemeriksaan ini akan menunjukkan berapa Mbps yang Anda miliki, kecepatan unggah dan unduh, serta ping yang Anda miliki. 


Seorang perempuan sedang menggunakan laptopnya sambil duduk di atas sofa

Freepik


Itulah beberapa cara untuk memeriksa koneksi internet yang sedang Anda gunakan. Pastikan bahwa koneksi internet Anda sudah sesuai dengan paket yang Anda pilih sehingga tak perlu lagi takut akan menghambat kegiatan Anda. Jika Anda tertarik untuk berlangganan paket internet dengan kecepatan tinggi untuk bisnis atau pekerjaan Anda, hubungi Netstar (www.netstar.id).


4 views0 comments

Comments


bottom of page