top of page
Agnes Gianni

Bangun Jaringan Internet Kantor Jadi Lebih Mudah dengan Managed Services

Memiliki infrastruktur teknologi informasi yang eksklusif dalam suatu kantor memiliki kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan produktivitas kerja di kantor. Infrastruktur IT eksklusif dapat digunakan untuk menganalisa data, cloud computing, dan sebagai alat pengambilan keputusan.


Layanan yang dikenal sebagai managed services ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola anggaran dengan lebih efisien tanpa menurunkan kualitas layanan IT internal. Lantas, apa itu yang dimaksud dengan managed services dan apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan?


Kabel yang tersambung di belakang server

Albert Stoynov / Unsplash


Pengertian Managed Services

Managed services merupakan praktik operasional bisnis di mana perusahaan melakukan pengalihdayaan (outsourcing) tanggung jawab untuk mengelola proses dan fungsi tertentu. Umumnya, managed services IT hadir untuk membantu perusahaan mengelola kebutuhan teknologi yang menunjang operasional bisnis, terutama untuk mengelola jaringan internet, server, serta perangkat lunak yang dimanfaatkan oleh perusahaan.


Tak hanya mengelola server dan perangkat lunak, managed services IT juga membantu perusahaan mengelola perangkat keras serta berperan sebagai konsultan teknologi informasi untuk perusahaan. Layanan ini dapat membantu perusahaan untuk menentukan jenis perangkat yang mereka butuhkan, merawat perangkat tersebut, melakukan konsultasi dan perencanaan strategis, serta mengoptimalkan kelancaran operasional bisnis perusahaan.


Meja dengan dua buah layar yang menunjukkan coding serta casing PC yang memperlihatkan isinya

Manfaat yang Dirasakan dari Managed Services

  • Meningkatkan Fokus Bisnis. Menyerahkan pengelolaan infrastruktur IT kepada tenaga spesialis dapat membantu meningkatkan fokus perusahaan kepada bisnis yang dikelolanya. Perusahaan tak lagi perlu memikirkan proses rekrutmen staf divisi IT, bagaimana mengelola dan mengembangkan divisi tersebut, maupun memikirkan caranya mengelola infrastruktur IT dengan baik. Dengan begitu, perusahaan bisa kembali fokus untuk melakukan pengembangan produk, pemasaran, dan melakukan perencanaan strategis lainnya yang dapat mendorong pertumbuhan perusahaan.


  • Efisiensi Pengelolaan Anggaran. Dengan memanfaatkan tenaga alih daya, perusahaan dapat mengelola anggaran mereka dengan lebih efisien. Perusahaan tidak harus menghawatirkan soal biaya operasional perangkat IT, seperti pelatihan staf, perawatan perangkat yang rusak, perawatan server, dan lain sebagainya. Penyedia layanan managed service umumnya menawarkan biaya yang sudah mencakup semua kebutuhan pengelolaan infrastruktur IT tanpa biaya tambahan yang tidak masuk akal.


  • Keamanan Data yang Terjamin. Selain membantu perusahaan mengelola infrastruktur IT, menggunakan layanan managed service akan menjamin keamanan data yang Anda miliki. Tenaga spesialis IT akan lebih proaktif untuk memantau kondisi server maupun perangkat IT lainnya dan memastikan bahwa jaringan perusahan dalam keadaan sehat.


  • Pengelolaan Sistem dan Jaringan yang Efektif. Managed services memiliki standar pengelolaan yang tinggi dengan testimoni dan bukti kinerja yang telah terbukti efektif di berbagai perusahaan. Artinya, tim yang menjalankan managed services ini dapat menyesuaikan strategi pengelolaan dan jenis perangkat yang paling cocok digunakan dalam perusahaan Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan produktivitas perusahaan dan menunjang operasional bisnis secara umum.

Sebagai penyedia layanan internet terpercaya, Netstar juga menyediakan layanan IT managed services untuk perusahaan dan perhotelan. Layanan managed service Netstar tersedia untuk mengoptimalkan pengelolaan infrastruktur IT perusahaan Anda dan memberikan solusi terbaik yang terintegrasi dengan produk dan teknologi paling mutakhir. Hubungi Netstar (www.netstar.id) untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai managed services IT yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Comments


bottom of page