top of page
Agnes Gianni

5 Macam Layanan Internet yang Perlu Kamu Ketahui

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mengubah cara kita mengoperasikan layanan yang terdapat di dunia maya. Ragam layanan yang terdapat di internet mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan, berkomunikasi, mendapatkan informasi, serta berbelanja secara daring.


Ketika kita semakin fasih menggunakan berbagai layanan internet, maka semakin banyak pula orang yang tidak tahu istilah-istilah yang mengelompokkan layanan internet, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut lima macam layanan internet sekaligus fungsinya yang perlu kamu ketahui. 


Ruang server yang menjadi perangkat keras yang memberikan kita layanan internet

Layanan Komunikasi

Layanan internet yang paling sering digunakan adalah layanan komunikasi. Layanan komunikasi via internet membantu kita untuk mengirim dan menerima data untuk bertukar informasi dan bertegur sapa. 


Beberapa jenis layanan komunikasi yang tersedia antara lain ada Internet Relay Chat (IRC), Messaging App, Voice Over Internet Protocol (VoIP), E-mail, Mailing List, Konferensi Video, List Server, User Network, Telnet, dan sebagainya. 


Layanan Informasi dan Web

Kegiatan browsing atau menelusuri internet merupakan cara kita untuk memilah dan memilih informasi yang tersedia pada jaringan internet. Itulah mengapa kita membutuhkan web browser sebagai instrumen perolehan informasi dan data dari dunia digital. Mesin pencarian informasi (search engine) dapat membantu kita untuk menemukan data dalam file, database, atau situs arsip data lainnya. 


Sementara itu, layanan web (web services) menggunakan serangkaian protokol berisi basis data (database) dan perangkat lunak yang dapat diakses dari jarak jauh menggunakan perantara tertentu. Layanan internet jenis ini umumnya memiliki ciri khusus berupa URL sebagai alat identifikasi dan tidak memandang sumber database, bahasa, dan platform yang digunakan oleh server yang dituju. 


Layanan Transfer Data dan Berkas

Mengirimkan dan menerima data melalui jaringan internet mempermudah proses kita untuk memberikan data-data penting ke penerima yang bersangkutan tanpa perlu menghabiskan uang dan tenaga untuk mengirimkannya via kurir atau pos. Dokumen, multimedia, gambar, teks, dan PDF dapat dengan mudah dibagikan dengan cara mengunggah atau mengunduh file menggunakan layanan web khusus transfer data atau penyimpanan gemawan (cloud storage). 



Seorang perempuan yang memanfaatkan layanan internet untuk berbelanja

Julio Lopez / Unsplash


Layanan E-Commerce dan E-Banking

Berbelanja secara daring kini semakin marak dilakukan. Selain karena lebih mudah untuk diakses, marketplace daring kerap memiliki harga yang lebih bersaing daripada di toko fisik. Sebagian besar marketplace e-commerce kini mencakup layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan transaksi yang aman dan praktis. 


Berkaitan dengan hal tersebut, banyak bank nasional dan internasional yang kini menyediakan layanan perbankan secara daring (e-banking). Kegiatan perbankan secara daring mencakup transfer, penarikan tanpa kartu, penyimpanan tabungan daring, pembayaran akun virtual, bahkan transaksi QRIS. Transaksi secara daring perlu dilindungi dengan enkripsi sistem keamanan khusus agar tidak mudah dibobol atau diretas. 


Layanan E-Government 

Memproses dokumen resmi negara maupun memberikan informasi pelayanan publik kini dapat dilakukan secara daring. Banyak instansi pemerintah yang mulai mengalihkan beberapa pelayanan mereka ke ranah digital untuk mempermudah proses pengambilan nomor antrian dan memproses data yang kemudian diolah menjadi dokumen resmi. BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, pembuatan paspor, serta pembuatan SKCK menjadi beberapa contoh dari praktik nyata e-government. 



Kelima jenis layanan internet di atas merupakan sebagian kecil dari berbagai jenis layanan daring yang sering kita jumpai. Adopsi ke dunia digital telah terbukti meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja untuk berbagai aspek kehidupan. Maksimalkan pengalaman Anda menggunakan berbagai macam layanan internet ini dengan menggunakan provider internet yang handal dan terpercaya. Informasi mengenai berlangganan internet untuk kantor, hotel, atau bisnis Anda, hubungi Netstar (www.netstar.id).


Comments


bottom of page